SITEM INFORMASI MANAJEMEN

Diantara beberapa materi kuliah yang salah satunya penting diantaranya adalah Sistem manajemen Informasi.Bagi anda yang sedang menjalani kuliah sistem manejemen informasi beberapa artikel tentang sistem manajemen informasi akan kami tulis di blog ini diantaranya: Definisi sistem , definisi informasi,karekteristik sistem dsb simak kutipan dibawah ini



1.DEFINISI SISTEM.

Menurut Gordon B.Davis ( 1984 ) sistem adalah bagian-bagian yang saling berhubungan yang bergerak untuk mencapai suatu tujuan atau target.sedangkan menurut jery fiztgerald merupakan atau mendefinisikan sistem adalah jaringan kerja atau prosedur-prosedur yang saling berhubungan.jaringan-jaringan ini berkumpul bersama dalam seuatu kegiatan untuk mencapai suatu tujuan atau target.Dalam bahasa sederhanya sistem dapat diartikan kumpulan atau gabungan dari berbagai hal yang bergerak bersama untuk melakukan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan. 

2.DEFINISI INFORMASI.

Apa itu informasi? menurut   Gordon B.davis informasi adalah data yang diolah data yang di olah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan bermanfaat dalam mengambil keputusan.Sedangkan menurut John G.Bruch mendefinisikan informasi adalah hasil penyusunan pengubahan data yang mengubah tingkat.pengetahuan.
Menurut beberapa pakar ahli sistem informasi adalah sistem informasi yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari sumber dan menggunakan beberapa media untuk menampilkan informasi tersebut ( Mcleoad 1992 ) .sedangkan menurut gordon B.davis dalam bukunya Management information system mengatakan bahwa sitem informasi manejement adalah sistem manusia atau mesin yang terpadu untuk menyajikan  informasi guna untuk mendukung operasi manajemen dan pengambilan keputusan dalam mengambil sebuah keputusan.

3.KLARIFIKASI SISTEM

Dari definisi diatas kita dapat klarifikasikan system beberapa manfaat dan sudut pandangnya, beberapa klarifikasi sistem diantaranya adalah :
a. Abstrak system atau sering disebut sistem abstrak , sistem abstak adalah sistem yang tidak tampak secara fisik karena berupa pemikiran atau ide .
b.Natural system atau sistem alamiah ialah suatu sistem yang terjadi dari proses-proses alam .
c.pycycal sistem sitem fisik ialah suatu sistem yang tampak secara fisik contohnya sistem produksi.

4.KARAKTERISTIK SISTEM

dalam suatu sistem memiliki beberapa karakteristik yang dapat menjadi ciri khas sebagai pembeda dalam penyusunan sistem .Beberapa karakteristik diantaranya adalah:

*Komponen / elemen ( Component )

*Lingkungan Luar ( Environment )
*Batas system ( Boundary)
*Pengolah ( Proces )
*Masukan ( Input )
*Keualaran ( Output )
*Sasaran ( Object )


5.JENIS-JENIS INFORMASI.

Dari jenis informasi kita dapat membedakan menjadi 2 yaitu informasi yang formal dan informasi yang tidak formal ,informasi formal ialah suatu informasi yang kita dapat dari dalam suatu organisasi sedangkan informasi tidak for,al ialah suatu informasi yang kita dapat dari luar organisasi . Dari jenis-jenis informasi diatas informasi juga harus memiliki beberapa ciri diantaranya yaitu : terbaru, tepat waktu,konsisten, relevan dan sedederhana dalam penyajian.sedangkan user atau pengguna informasi itu sendiri bisa siapa saja akan tetapi kaitanya dengan manajemen dalam mengambil keputusan pengguna informasi dapat kita bedakan dlam 3 tingkatan : tingkatan yang pertama Low level manager,tingkatan yang kedua midle level manager untuk tingkatan yang ketiga yaitu top level manager.

6 .FUNGSI SITEM INFORMASI.

Setelah kita ulas mengenai definisi dan jenis sistem informasi sekarang kita masuk ke fungsi sistem informasi , Sistem informasi secara umum adalah peningkatan pengetahuan untuk pengguna selai itu juga berfungsi mengurngi ketidak pastian dalam pengambilan suatu keputusan didalam suatu organisasi untuk menggambarkan hal yang sebenarnya atau nyata.

7.PERANAN SISTEM INFORMASI DALAM SUATU BISNIS.

Didalam suatu bisnis sistem informasi ini sangatlah penting sebagai proses pendukung suatu proses dan operasi bisnis.selai itu membantu dalam mengabil suatu keputusan baik itu dari pegawai mamupun tingkat manager sehingga dapat menghasilkan suatu keputusan yang kompetitif.

Demikianlah sedikit artikel yang dapat kami ulas semoga bermanfaat.....





Comments

RELATE POST

WISATA KENDAL BERKUDA DI SANTOSA STABLE

6 CIRI-CIRI SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKWALITAS

IHSG DIPREDIKSI PEKAN DEPAN AKAN MENGALAMI PENGUATAN

PRINSIP MANAJEMEN

MANFAAT DAN KEUNTUNGAN MEMILIKI WEBSITE BAGI PEBISNIS