GEJALA ASAM URAT

Apa itu penyakit asam urat ?


Asam urat adalah penyakit dari zat sisa metabolisme purin yang berasal dari tubuh kita dari makanan yang kita makan.  Asam urat juga sering di sebut pembekaaan dan rasa sakit yang datang tiba-tiba pada bagian persendian tubuh kita.terkadang orang-orang sering menyebutnya dengan encok.


beberapa bagian yang sering terkena asam urat diantaranya, seperti lutut,telapak kaki , pergelangan kaki terkadang juga terjadi di tangan pergelangan tangan dan siku. penyakit asam urat ini biasnya menyerang seorang yang sudah lanjut usia .karena akumulasi bahan purin ini, Tapi? tak menutup kemungkinan penyakit ini dapat menyerang anak muda baik laki-laki maupun perempuan akan tetapi kaum laki-laki  lebih sering mengalaminya hal ini dibandingkan  perempuan.dari studi kasus untuk kaum laki-laki biasanya terkena penyakit asam urat ini pada usia 30 -35 keatas sedangkan pada perempuan ini terjadi seteleah mereka mengalami menapause.untuk golongan remaja dan anak-anak biasanya jarang terjadi.

TANDA-TANDA TERKENA ASAM URAT ?

Asam urat biasanya datang secara tiba-tiba tidak menunjukan gejala apapun sebelumnya.Gejala asam urat atau tanda-tandanya bisanya penderita asam urat mengalami kondisi yang sudah kronis gejala yang sering terjadi umumnya pada saat anda bangun tidur di pagi hari sering nyeri pada persendian baik kaki maupun tangan, Sendi mengalami pembengkakan atau kemerahan, Rasa panas di persendian .Penyakit asam urat biasanya terjadi selama kurang lebih 1-2 hari lamanya akan tetapi jika penderita asam urat yang sudah parah bisa sampai berminggu-minggu lhoo..jika ini terjadi pada kalian segeralah periksa ke dokter.

APA SAJA YANG BISA MENYEBABKAN ASAM URAT ?

Penyebab dari asam urat itu sendiri yaitu adalah zat purin dari sisa makanan yang kita makan dalam keadaan normal zat ini biasanya kita keluarkan melalui urin dan tinja.akan tetapi pada penderita asam urat yang jumlah asam uratnya mungkin sudah terlalu banya yang tidak dapat diolah oleh tubuh kita biasanya zat tersebut mengkristal di area persendian sehingga mangkibatkan peradangan sendi atau pembengkakan.

Lalu apa penyebab asam urat itu sendiri?? Asam urat disebabkan karena konsumsi makanan sehari-hari kita yang mengandung zat purin.Apa itu zat purin? Zat purin adalah yang terkandung pada makanan yang berasal dari tubuh kita. dengan kata lain karena kita makan makanan yang berhubungan dengan makhluk hidup sehingga zat tersebut berpindah ketubuh kita . ketika Anda memakan makanan yang mengandung zat purin maka zat tersebut diolah tubuh kita menjadi asam urat , Sehingga kebanyakan anda makan makanan yang mengandung purin tingkat resiko terjangkit penyakit asam urat pun semakin tinggi . Apa saja makanan tersebut ? beberapa makanan yang perlu anda hindari agar asam urat anda tidak tinggi .

1. SAYURAN

Pada umumnya mengkonsumsi sayuran itu baik untuk kesehatan tubuh kita akan tetapi ada beberapa jenis sayuran yang perlu dihindari pada penderita asam urat diantaranya adalah kembangkol, daun singkong , bayam, kangkung, buncis, jamur kuping dan dan pepaya.didalam sayuran tersebut mengandung zat purin yang sangat tinggi contoh saja bayam didalam sayuran bayam tersebut 57 gram zat purin yang nantinya akan menyebabkan meningkatnya asam urat dalam tubuh kita , Jadi hindarilah sayuran-sayuran diatas bagi anda yang menderita asam urat.

2.KACANG-KACANGAN

Kacang-kacangan juga dapat memicu asam urat , beberapa kacang-kacangan yang dapat memicu asam urat diantaranya adalah kacang tanah, tauge, kacang hijau, kacang kedelai , melinjo , emping kita dapat contohkan pada kacang kedelai , kacang kedelai juga memiliki kadar zat purin yang cukup tinggi maka dari itu bagi anda penderita asam urat sangat disarankan untuk menghindari terlebih dahulu jenis kacang-kacangan diatas atu jenis olahan yang mengandung kacang-kacangan seperti tempe, tahu dan lain sebaigainya.

3.JEROAN 

Jeroan juga termasuk bagian yang dilarang bagi penderita asam urat untuk mengkonsumsinya contoh jeroan diantaranya Babat,Usus,Ginjal,Hati , Limpa paru dan otak .jeroan merupakan bagian dari tubuh hewan yang sudah dipotong dari bagian yang lainya meskipun ada beberapa negara yang menganggap jeroan ini tidak layak untuk dikonsumsi akan tetapi di sebagian negara jeroan ini dapat diolah menjadi masalan yang lezat contohnya negara indonesia. Namun hal tersebut tidak di peruntukkan bagi anda yang memiliki penyakit asam urat .pada jeroan tersebut banyak mengandung zat purin yang sangat tinggi oleh sebab itu penderita penyakit asam urat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya.

4.MAKANAN OLAHAN.

Contoh beberapa maskan olahan yang dapat memicu asam urat diantaranya yaitu makanan yang di goreng dan makanan yang bersantan , kenapa makanan tersebut dapat memicu tingginya asam urat ?? sudah jelas makanan yang digoreng tersebut mengandung lemak jenuh makanan oplahan bersantan juga menganduk emak jenuh . jadi bagi pemderita asam urat sangat di anjurkan untuk mengkonsumsinya

5.SEA FOOD

sea food merupakan jenis makanan yang enak yang lezat apalagi bagi penggemar sea food akan tetapi terkecuali bagi penderita asam urat tidak dianjurkan untuk memakan makanan yang satu ini di sebab didalam makan sea food terdapat kandungan zat purin yang sangat tinggi , Sea food adalah sejenis makanan hidangan laut diantaranya yaitu kerang, udang, rajungan, ikan teri, ikan sarden dan lain sebagainya.bahanya mengkonsumsi sea food bagi penderita asam urat karena akan memperburuk kondisi penderita.

6.BUAH-BUAHAN

Umumnya buah-buahan merupakan makananan kesehatan bagi tubuh kita akan tetapi ada beberapa buah-buahan yang tidak anjurkan dimakan oleh penderita asam urat diantaranya adalah buah durian, nanas, dan air kelapa, Kenapa demikian? contoh saja buah durian , Buah durian merupakan buah yang mengandung kolesterol yang sangat tinggi .sebaiknya bagi penderita asam urat menghindari buah-buahan ini karena jika kolesterol tinggi akan menyebabkan asam urat semakin tinggi dan kondisi penderita asm urat akan memburuk jika mengkonsumsi buah-buahan diatas.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai tanda-tanda asam urat dan makanan yang perlu dihindari bagi penderita asam urat.asam urat disebabkan karena pola hidup kita yang tidak sehat maka dari itu mari kita benahi pola hidup kita,
Mencegah lebih baik dari pada mengobati , orang yang paling kaya di dunia ini adalah orang yang memiliki kesehatan dengan pola hidup yang sehat maka aktivitas pekerjaan pun menjadi lancar







Comments

RELATE POST

CARA MENGIRIM EMAIL

6 CIRI-CIRI SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKWALITAS

FIESTA POIN MANDIRI BEGINI CARA CEK DAN TUKARNYA

DASAR MANAJEMEN BISNIS

IHSG DITUTUP MELEMAH HINGGA 2% PADA HARI INI

HARGA EMAS HARI INI

CARA INVESTASI REKSADANA

HARGA VIVO Y15 TERBARU

MANFAAT BUAH NAGA MERAH

MEMULAI BISNIS ?? INI TIPS NYA