6 CIRI-CIRI SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKWALITAS

Suatu perusahaan atau bidang usaha pasti tidak lepas dengan yang namanya sumber daya manusia ( SDM ) . Namun tidak semua sumber daya manusia berkwalitas atau tidak semuanya baik.pemilihan sumberdaya manusia yang kurang baik dapat memberikan efek buruk untuk perusahaan.Maka dari itu harus selektif dalam menentukan atau memilih sumberdaya manusia. 

Pada Hakikatnya SDM berupa  daya manusia yang diperkerjaan pada suatu organisasi atau perusahaan yang bertujuan sebagai penggerak tujuan organisasi atau perusahaan.Saat ini perusahaan memandang karyawan bukan hanya sebagai sumber daya saja melainkan merupakan aset perusahaan pada suatu perusahaan tersebut.Kenapa dikatakan demikian ?  dengan adanya sumberdaya manusia yang berkwalitas maka hal tersebut dapat menunjang perkembangan perusahaan karena jika kita salah memilih sumber daya manusia dalam menjalankan suatu usaha hal tersebut dapat berdampak buruk pada usaha yang sedang kita jalankan , Oleh karena itu Sumber daya manusia dapat dikatakan sebagai aset perusahaan atau suatu organisasi.

Fakta Suatu negara yang nggak beitu memiliki sumber daya alam yang begitu bagus akan tetapi memiliki sumber daya manusia yang berkwalitas Bisa jadi negara tersebut merupakan negara yang maju contoh singapura , jepang tidak memiliki kekayaan alam yang melimpah akan tetapi negara tersebut memiliki sumber daya manusia yang berkwalitas makanya negara tersebut tergolong negara yang maju .

Bagaimanakah Ciri-Ciri Sumber daya Manusia yang berkwalitas? Mari kita lihat ulasan dibawah ini adalah ciri-ciri dari Sumber daya manusia yang berkwalitas :


1#Tekun

Seseorang atau sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk memfokuskan pada sesuatu yang sedang mereka kerjakan . perlu Anda ketahui tidak semua orang memiliki kemampuan seperti ini .ketekunan itu sendiri akan membuahkan sesuatu yang sangat menguntungkan bagi perusahaan , sebab sumber daya mnusia yang memiliki sifat tekun tidak akan berhenti dalam bekerja apabila mereka belum menghasilkan / menguntungkan perusahaan dalam hal ini memberikan sepenuhnya tenaga dan fikiran mereka  terhadap perushaan untuk kepentingan kemajuan suatu perusahaan. jika anda memiliki karyawan seperti ini maka pertahankanlah karena sumberdaya manusia seperti ini merupakan aset perusahaan yang nantinya akan dapat memberikan keuntungan pada perusahaan dalam jangka yang panjang .

2#Memiliki Akhlak yang baik

Sumber daya manusia yang memiliki akhlak yang baik memiliki dasar yang kuat untuk perkembangan suatu perusahaan baik itu usaha kecil maupun besar , Karena mereka akan senantiasa memberikan loyalitas mereka yang terbaik untuk perusahaan , bagi mereka perusahaan adalah sumber penghasilan mereka sehari-hari dengan demikian mereka akan senantiasa menjaga semaksimal mungkin perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik.faktanya jika menemukan sumberdaya yang beerakhlak  tidak baik maka  hal tesebut akan sangat merugikan perusahaan contoh sumber daya manusia tersebut tidak jujur dalam mengelolala keuangan bisa dipastikan keuangan perusahaan pasti tidak akan sehat .Sumber daya yang memiliki akhlak yang baik akan berusaha untuk tidak merugikan orang lain / perusahaan.

3#Ulet

Sumber daya manusia yang ulet yaitu seseorang yang tidak mudah putus asa.jadi jika menemukan kesulitan / masalah dalam pekerjaanya mereka akan mencari cara untuk menyelesaikan permasalahan diiringi dengan ketekunan yang ada dalam dirinya. Dengan sikap yang ulet dan tekun maka hal tersebut akan membawa orang tersebut pada hasil pekerjaan yang bermutu dan berkwalitas yang nantinya akan berdampak baik untuk perusahaan Anda.

4#Kreatif dan Inovatif

selain tekun , berakhlak baik. ulet sumberdaya yang memiliki sifat kreatif dan inovatif suga perlu dimasukkan kategori sumberdaya manusia yang berkwalitas.sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif mereka senantiasa untuk mencari ide pemikiran / hal yang baru tentu saja sesuatu hal yang baru itu yang positif untuk kemajuan suatu perusahaan, Mereka tidak cepat puas dengan apa yang mereka capai contoh misla seorang marketing suatu perusahaan mobil / motor mereka akan selalu ber inovasi atau mencari cara agar kegiatan promosi mereka bisa membeerikan keuntungan yang lebih untuk perusahaan dengan begitu mereka pun juga akan mendapatkan penghasilan yang lebih pula misalkan para marketing tersebut mengadakan promosi tidak hanya lewat brosur melainkan juga memasarkanya lewat media sosial sehingga produk yang mereka pasarkan bisa dikenal oleh masyarakat luas pada umumnya.

5#Memiliki Sifat yang jujur

Banyak fakta perusahaan memberhentikan karyawan dengan secara sepihak karena masalah ini, kejujuran sangatlah penting untuk kemajuan perusahaan anda .Kejujuran ini dalam lingkup yang luas di wajibkan bukan hanya  untuk orang lain akan tetapi untuk diri kita sendiri pun harus memiliki sifat kejujura tersebut .Kejujuran yang ada diperusahaan bagi sumber daya manusia contohnya harus memauhi aturan-aturan yang ada pada perusahaan tersebut ,Namun juga harus jujur dengan kemampuan mereka sendiri .seorang sumberdaya manusia yang memiliki kejujuran atas perkerjaan yang dia lakukan maka hal tersebut akan memberikan dampak positif pada hasil yang mereka kerjakan sesuai dengan bidang nya .tidak menutup kemungkinan seseorang yang mililiki kejujuran akan membawa dampak positif untuk dirinya juga contoh karyawan yang jujur akan mendapatkan promosi jabatan atau kenaikan gaji mereka karena atas prestasi yang mereka berikan terhadap perusahan maka perusahaan memberikan apresiasi berupa hadiah dsb.

6#Loyalitas

loyalitas , apa itu loyalitas ?? loyalitas adalah suatu pengabdian penting bagi sumber daya manusia untuk loyalitsnya terhadap perusahaan Seorang yang unggul wajib memiliki sifat loyalitas terhadap perusaaan yang didedikasikan terhadap tugas dan tanggung jawab mereka terhadap perusahaan dimana mereka harus memiliki visi yang baik kedepanya untuk perusahaan. Sikap loyalitas ini jika dilihat dari sisi profesional maka sumberdaya yang tidak bekerja setengah-setengah jadi keseluruhan mereka abdikan terhadap perusahaan untuk kemajuan perusahaan.

diatas adalah sedikit ulasan mengenai ciri-ciri Sumber daya manusia yang berkwalitas , Apakah kalian termasuk ?



Comments

RELATE POST

CARA MENGIRIM EMAIL

FIESTA POIN MANDIRI BEGINI CARA CEK DAN TUKARNYA

DASAR MANAJEMEN BISNIS

IHSG DITUTUP MELEMAH HINGGA 2% PADA HARI INI

HARGA EMAS HARI INI

CARA INVESTASI REKSADANA

HARGA VIVO Y15 TERBARU

MANFAAT BUAH NAGA MERAH

MEMULAI BISNIS ?? INI TIPS NYA