PRINSIP MANAJEMEN

APA ITU MANAJEMEN KEUANGAN ?

Manajemen keuangan ialah suatu kegiataan disuatu perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara mengolah keuangan baik itu dari segi pendanaan modal kerja, mengalokasikan dana perusahaan atau menggunakan dana perusahaan dalam pengelolaan suatu aset perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan.Didalam suatu perusahaan pengelolan suatu keuangan juga sering di sebut dengan manajemen keuangan. Tujuan adanya manajemen keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai pada suatu perusahaan atau memberi nilai tambah pada asset yang dimiliki oleh para pemegang saham atau Investor.


Kegiatan ini meliputi perencanaan, pengoperasian, analisis kegiatan keuangan ,kontrol serta pengendalian keuangan perusahaan..ada beberapa ruang lingkup didalam manajemen keuangan antara lain : 

1. Keputusan investasi :

 kebijakan penanam modal pada aktiva tetap atau harta tidak                 bergerak contohnya seperti gedung, tanah , peralatan kantor dan lain sebagainya             maupun aktiva berupa finansial misalnya saham dan   obligasi sering juga disebut          dengan aktivitas investasi dana .

2.Keputusan pendanaan:

Pada keputusan pendanaan ini meliputi penggalangan sumber dana perusahaan contoh penerbitan Obligasi atau hutang dalam jangka pendek maupun jangka panjang yang diperoleh dari dalam maupun luar perusahaan.

3. Kebijakan pengelolaan Asset perusahaan

    dalam hal ini kebijakan pengelolaan aset bertujuan untuk pencapaian tujuan                   perusahaan secara  efisien.

Dalam melaksanakan manajemen keuangan bukanlah perkara yang mudah ada beberapa prinsip untuk mendasari manajemen keuangan agar berjalan dengan baik diantaranya


ACOUNTABILITY

Acountability ialah kewajiban moral yang melekat pada individu atau perusahaan bagaimana mengelola asset perusahaan dengan memberi wewenang pada pihak ketiga dipakai untuk apa dana perusahaan ? dan bagaimana perusahaan menjelaskan asal usul danaya serta  bagaimana pencapaianya sebagai pertanggung jawaban terhadap pihak yang berkepentingan . Semua pihak yang berkepentingan berhak tahu bagaimana dana itu digunakan.

KONSISTENSI

Didalam suatu perusahaan dalam menjalanka sistem keuangan harus konsisten dar waktu kewaktu,hal ini agar tidak ada manipulasi. Pendekatan terhadap manajemen keuangan yang tidak konsisten merupakan tanda bahwa di suatu perusahan terdapat manipulasi keuangan.

TRANSPARANSI

Didalam  suatu perusahaan harus mememiliki keterbukaan dalam menjalankan suatu aktivitas , membeerikan informasi kepada seseorang yang berkepentingan didalamnya termsuk menyiapkan laporan-laporan keuangan serta dapat diakses oleh para manajemen yang berkepentingan dan penerima manfaat dalam hal ini bisa disebut penanam modal.Apabila di suatu perusahaan tidak transparan bisa jadi perusahaan tersebut tidak sehat atau ada yang di sembunyikan.

KELANGSUNGAN HIDUP

Kelangsungan hidup biasa di sebut viability, Agar keuangan suatu perusahaan  selalu terjaga pengeluaran di tingkat operasional harus sejalan sesuai dengan dana yang di terima.kelangsungan hidup merupakan tolak ukur keamanan dalam suatu organisasi. Manager organisasi harus membuat planing atau perencanaan keuangan agar dapat melaksanakan stateginya dan  memenuhi kebutuhan keaungan

INTEGRITAS

setiap individu dalam melaksanakan aktivitas operasional harus memiliki integritas yang baik , selain itu juga harus menjaga laporan keuangan dengan baik dari segi pencatatan dan keakuratan dalam mencatat laporan keuangan.

STANDAR ACCOUNTING

Sebagai seorang akuntan harus sepaham dalam menjalankan sistem akuntansi, Sistem akuntansi yang dipakai di perusahaan harus sesuai prinsip dan sesuai standart akuntansi yang berlaku di negara indonesia.Hal ini bertujuan agar akuntan diseluruh dunia dapat sepaham dengan sistem yang digunakan,

PENGELOLAAN

Manajemen  perusahaan harus menggunakan dan mengelola dengan baik dana yang diperoleh serta  menjamin bahwa dana yang di gunakan bertujuan untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah di tetapkan.


Mengelola keuangan memang bukanlah perkara yang mudah akan tetapi dengan kemajuan teknologi saat ini banyak tersedianya software atau bisa memperkerjakan programer yang dapat membantu anda dalam memanajemen suatu perusahaan.
Demikian sedikit ulasan semoga bermanfaat  



Comments

RELATE POST

CARA MENGIRIM EMAIL

FIESTA POIN MANDIRI BEGINI CARA CEK DAN TUKARNYA

6 CIRI-CIRI SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKWALITAS

DASAR MANAJEMEN BISNIS

WISATA KENDAL BERKUDA DI SANTOSA STABLE

IHSG DITUTUP MELEMAH HINGGA 2% PADA HARI INI

CARA MENDAPATKAN PEKERJAAN

HARGA EMAS HARI INI

CARA INVESTASI REKSADANA

HARGA VIVO Y15 TERBARU