DASAR MANAJEMEN BISNIS

DASAR MANAGEMEN BISNIS

Bisnis adalah suatu kegiatan menjual barang atau jasa yang dpat memberikan keuntungan bagi suatu pelaku usaha / pemilik usaha.karena proses bisnis memiliki keunikan yang berbeda maka dibutuhkan pengelolaan yang memadai agar berjalan dengan dengan lancar . Manajemen bisnis harus diperhitungkan dengan matang untuk meminimalkan resiko .


Apakah yang dimaksud dengan managemen bisnis?

Manajemen secara umum adalah suatu proses dari serangkaian kegiatan mencakup perencanaan, pengarahan, dan operasional suatu bidang usaha. dalam usaha skala kecil menengah juga membutuhkan suatu manajemen bisnis.Dalam hal ini dasar-dasar manajemen bisnis penting untuk diketahui bagi seseorang yang sedang mengembangan bisnis.
Tujuanya adalah agar bisnis dapat berjalan sesuai dengan pengelolaan yang sudah direncanakan, Dasar dasar manajemen bisnis ada beberapa hal yang harus dipahami .diantaranya adalah manajemen sumberdaya manusia , manajemen pemasaran , manajemen keuangan , manajemen produksi dan manajemen informasi.
Berikut adalah dasar managemen yang harus ada disebuah perusahaan :

1. MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Dasar bisnis yang pertama yang ada dalam suatu bisnis yaitu sumber daya manusia ( SDM ), Selain sumber daya materi sumber daya manusia tidak kalah penting untuk perkembangan suatu usaha atau bisnis.Manajemen sumber daya manusia ini akan membantu anda dalam menentukan standart ketrampilan atau pengalaman pegawai yang dibutuhkan.pengaturan upah karyawan juga mengenai hak dan kewajiban karyawan.
Dalam suatu bisnis atau perusahaan ada beberapa komponen yang mengelola sumber daya manusia , yaitu pihak personalia,  ( HRD ) Human resource development dan ( HRM ) Human resource management.
Personalia berfokus pada sesuatu yang bersifat administratif , HRD bertugas sebagai perencana strategis tenaga kerja sedangkan HRM berperan sebagai perencana organisasi SDM sebagai aset yang penting.Setiap bisnis baik skala kecil maupun menengah membutuhkan manajemen bisnis yang baik.
maka dari itu 3 komponen Manajemen SDM diatas sangatlah penting untuk membangun sumberdaya manusia sehingga bisnis yang anda jalankan akan berjalan dengan baik.

2. MANAJEMEN PEMASARAN

Manajemen pemsaran juga sering disebut dengan manajemen marketing .pemasaran adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan, target  tujuan dan hasil yang akan dicapai dalam bidang marketing.pemasaran juga dapat diartikan sebagai kegiatan yang menciptakan nilai ekonomi terhadap barang dan jasa.Manajemen pemasaran berarti suatu metode untuk merencanakan bagaimana suatu produk atau jasa dapat diterima di tengah masyarakat.
Tujuan dari manajemen pemasaran ini adalah untuk meningkatkan penjualan dan dikenalnya produk di pasar sebelum barang produksi kegiatan pemmasaran harus segera dilakukan, pada dasarnya ada 3 konsep dalam pemasaran yang harus di terapkan yaitu orientasi pada konsumen, penyusunan kegiatan pemsaran, serta kepuasan konsumen.Semakin banyaknya peminat maka semakin tinggi pula perkembangan perusahaan.

3. MANAJEMEN KEUANGAN

Secara singkat manajemen keuangan adalah bagaimana cara memperoleh dan bagaimana menggunakan uang perusahaan Managemen keuangan yang baik sangat dibutuhkan dalam sebuah pengelolaan suatu bisnis. Hal ini karena berhubugan dengan alur keluar masuknya uang dalam bisnis.
Bisnis yang baru berkembang harus memiliki manajemen keuangan yang baik karena jika dana perusahaan tidak dikelola sesuai dengan tujuan bisa berakibat pada inflasi pada perusahaan , dimana pengeluaran akan lebih tinggi dari pada pemasukan.
Tanpa adanya manajemen keuangan maka data anggaran akan nihil sehingga akan berdampak pada ketidak jelasan data keuangan yang akan mempengaruhi jalanya suatu bisnis, bisnis anda akan kehilangan arah karena tidak diketahui untung dan ruginya.

4. MANAJEMEN PRODUKSI


Dasar manajemen produksi juga tidak kalah penting, produk merupakan output/ keluaran dari suatu perusahaan atau bisnis yang melibatkan kepuasan konsumen.Kegiatan ini terkait bagaimana proses produksi berjalan dengan baik sehingga menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat .Aspek-Aspek dari manajemen produksi ini meliputi perencanaan produksi, Barang produksi , mutu barang, jumlah barang, bahan baku dan pengendalian produksi.
Suatu bisnis yang didirikan tanpa adanya pengetahuan nilai produksi dapat mengakibatkan kerugian materi dalam jumlah besar, jika hasil prosuksi tidak memiliki nilai jual maka akan mengakibatkan runtuhnya perusahaan lebih awal karena kerugian .Manajemen produksi di rencanakan , dikelola dan dikendalikan pada sudut pandang kepuasan konsumen.

5. MANAJEMEN INFORMASI

Manajemen informasi dalam hal ini merupakan kegiatan untuk memastikan bahwa bisnis yang dikembangkan dapat dijalankan dan masih bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.Jika dalam suatu bisnis kurang sumber informasi dapat mengakibatkan pada ketidakmampuan mengendalikan sumber daya sehingga sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan baik jangka pendek maupun jangka panjang.
Manajemen indormasi yang baik adalah manejmen informasi yang dapat membeerikan informasi yang mendukung bisnis untuk bisa berkembang seperti informasi pesaing atau kompetitor.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai dasar manajemen bisnis semoga bermanfaat....




Comments

RELATE POST

CARA MENGIRIM EMAIL

6 CIRI-CIRI SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKWALITAS

FIESTA POIN MANDIRI BEGINI CARA CEK DAN TUKARNYA

IHSG DITUTUP MELEMAH HINGGA 2% PADA HARI INI

HARGA EMAS HARI INI

CARA INVESTASI REKSADANA

HARGA VIVO Y15 TERBARU

MANFAAT BUAH NAGA MERAH

MEMULAI BISNIS ?? INI TIPS NYA