MANFAAT DAUN PEPAYA UNTUK KESEHATAN

Daun pepaya merupakan salah satu jenis sayuran yang diambil dari pohon pepaya.Dewasa ini penduduk indonesia sering kali menggunakan daun pepaya sebagai lalapan yang diolah serta sebagai lauk pauk lainya .menurut sejarah pepaya merupakan pohon buah yang berasal dari meksiko akan tetapi saat ini buah pepaya banyak sekali ditemukan di wilayah tropis khususnya di indonesia . pada pohon pepaya memiliki daun yang dimana daun pepaya ini meliliki ciri khas rasa yaitu rasa pahit akan tetapi dibalik rasa yang pahit tersebut ternyata daun pepaya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita,Beberapa manfaat daun pepaya diantaranya adalah sebagai berikut :


1.MEREDAKAN  DEMAM BERDARAH

Demam berdarah merupakan penyakit mematikan di sebabkan oleh virus akibat gigitan nyamuk , daun pepaya mengandung bahan Enzim Papain yang memiliki fungsi meningkatkan trombosit dalam tubuh yang diperlukan ketika anda mengidap penyakit demam berdarah sehingga rasa sakit akan menghilang saat anda mengkonsumsi daun pepaya saat mengalami sakit demam berdarah.mengkonsumsi buah pepaya juga dapat mencegah penyakit demam berdarah yg di sebabkan virus akibat gigitan dari nyamuk .

2.MENCEGAH DEMAM BERDARAH

Malaria merupakan salah satu penyakit endemik yang cukup banyak di beberapa daerah di Indonesia. Untuk itu anda harus pintar dalam menjaga asupan makanan agar tidak semakin parah atau mudah terserang malaria. Daun pepaya ternyata memiliki kandungan yang bersifat anti malaria. Walaupun belum dijelaskan spesifiknya, namun penelitian sudah membuat keputusan bahwa daun pepaya mengandung anti malaria.

3.MENCEGAH KANKER

kandungan komponen yang bernama Acetogenin yang bermanfaat mencegah kanker yang terdapat didalam daun pepaya.dari riset yang telah dilakukan oleh ilmuan jepang mendapatkan hasil bahwa sel kanker dapat dimatikan saat seseorang meminum ramuan dari daun pepaya.daun pepaya juga bermanfaat untuk mencegah dari penyakit kanker paru-paru dan juga kanker serviks 

4.MELANCARKAN PENCERNAAN

Pada daun pepaya mengandung enzim papain dan juga serat yang memiliki manfaat untuk membantu melancarkan pencernaan.pencernaan yang kurang lancar biasanya disebabkan karena kekurangan serat dengan daun pepaya kita bisa manfaatkan dengan cara merebus daun tersebut atau dengan memakan daun tersebut secara langsung sbg lalapan saat kita makan.

5.MENCEGAH JANTUNG KORONER 

Jantung koroner biasanya disebabkan oleh kolesterol yang tinggi, didalam daun pepaya terkandung protein dan lemak yang sedikit dengan mengkonsumsi daun pepaya tidak akan menjadikan anda tinggi kolesterol hal ini dapat disimpulkan bahwa daun pepaya juga dapat menurunkan berat badan atau menstabilkan kolesterol dalam tubuh kita.

6.MENGOBATI HIPERTENSI

Hipertensi merupakan penyakit yang diderita karena tekanan darah tinggi. Umumnya gejala yang timbul seperti pusing, kepala seperti dipukul palu, bahu tegang, serta beberapa rasa sesak pada bagian bahu dan juga dada. Hipertensi bisa dikurangi dengan rebusan daun pepaya yang menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalsium dan juga kalori namun rendah lemak

7.MENURUNKAN KADAR GULA DALAM DARAH

Manfaat dari daun pepaya tidak hanya mampu mengurangi terjadinya stres, namun juga dapat merangsang kinerja insulin dan meregulasi kadar gula dalam darah sehingga kita terjauh dari diabetes.Daun pepaya juga dapat meminimalisir terjadinya komplikasi salah satunya yaitu kerusakan pada ginjal.

8.MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH

Vitamin A,C dan E yang terkandung didalam daun pepaya sangat bermanfaat sekali untuk meningkatan sistem kekebalan tubuh. maka dari itu perbanyak mengkonsumsi daun pepaya untuk pola hidup sehat kita sehari-hari

9.MENAMBAH NUTRISI PADA BALITA

Kandungan vitamin dan protein yang tinggi pada daun pepaya dapat membantu kekurangan gizi pada balita anda.perkembangan balita membutuhkan banyak sekali nutrisi untuk pertumbuh kembang . saat memasak daun pepaya beri sedikit madu saat akan memberikan pada makan agar balita tidak terasa pahit saat memakanya 

10.MELANCARKAN ASI

bagi anda yang sedang menyusui daun pepaya sangat dianjurkan untuk memperlancar asi karena didalam daun pepaya kaya akan vitamin akan tetapi tidak dianjurkan bagi anda yang sedang hamil dikhawatirkan akan mengganggu janin.bagi anda yang menyusui cara nya bukan untuk dikonsumsi melainkan tempelkan daun setelah daun dibakar tunggu hingga layu setelah itu tempelkan pada payudaya kecuali pada puting. akan tetapi jika anda mengkonsumsi daun pepaya tentu saja air asi akan menjadi pahit dan bayi anda tidak akan minum asi anda .ingat para ibu-ibu caranya bukan untuk di konsumsi.


semoga bermanfaat..


Comments

RELATE POST

6 CIRI-CIRI SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKWALITAS

FIESTA POIN MANDIRI BEGINI CARA CEK DAN TUKARNYA

CARA MENGIRIM EMAIL

DASAR MANAJEMEN BISNIS

IHSG DIPREDIKSI PEKAN DEPAN AKAN MENGALAMI PENGUATAN

WISATA KENDAL BERKUDA DI SANTOSA STABLE

CARA INVESTASI REKSADANA