MENGAPA BANYAK USAHA SAMPINGAN GAGAL ?

6 AGUSTUS 2019
 
  Walaupun hanya sebatas usaha sampingan , yang dinamakan bisnis tetaplah bisnis, meskipun itu dalam sekala kecil resikonya pun juga hampir sama dengan bisnis yang dilakoni selama bertahun. tahun , perlu di perhatikan apakah yg menyebabkan usaha sampingan itu gagal ? berikut adalah poin-poin yang menyebabkan sebuah kegagalan dalam ber usaha :


1. Salah dalam menentukan Prioritas

    Usaha sampingan memang bukan lah merupakan usaha prioritas atau pekerjaan utama. akan tetapi jika pelaku usaha masih mempertahankan pekerjaan penuh waktu mereka sembari menjalankan usaha sebagi sampingan sebaiknya berhati-hati tahu kenapa ? banyak ambisi dalam usaha sampingan ini mereka ingin cepat sukses, sehingga porsi dalam menjalankan usaha sampingan  sama besar dengan pekerjaan utama , mereka terkadang  memaksakan diri dalam mengambil pesanan dalam usaha sampinganya dan menjadi lupa bahawa porsi mereka masih menjadi seorang karyawan. Hal tesebut menjadikan tidak fokus dan menjadi tidak maximal dalam pengerjaanya atau dengan katalain keteteran. Sehingga banyak bermunculan komplain dari pelanggan .Alangkah baiknya jika pelaku usaha tidak terpaku pada pengembangan usaha sampinganya .atau dengan kata lain sesuaikan tingkat bisnis dengan kemampuan anda.

2. Pola Pikir yang keliru

    kegagalan dalam berbisnis bisa di sebabka kesalahan mindset atau pola pikir yang salah, dalam salah satu hal ini kami contohkan anggaplah apapun yg dijual pasti ada yg  beli, pola pikir yg tidak benar seperti ini bisa berupa menganggap enteng aspek pemasaran dan pengembangan produk yang baik sehingga cenderung salah dalam mengambil kepurusan dalam mengeluarkan uang untuk aspek-aspek bisnis yang kurang penting yang berakibat kegagalan di awal dalam berbisnis.

3.Salah dalam menentukan kebutuhan.

  Pada saat memuai usaha sampingan, tanpa sadar pelaku usaha terbuai dengan sesuatu yg tidak begitu penting , mereka sering sekali salah dalam menentukan suatu kebutuhan contoh misal menciptakan logo bisnis, membuat kartu nama, membeli perangkat lunak yang mahal untuk pembukuan dan lain  sebagainya. Memang? hal tersebut penting dalam bisnis namun dalam bisnis yang masih kecil belum lah begitu memerlukan hal-hal seperti itu , Alangkah baiknya uang tersebut dapat digunakan untuk Promosi , pasokan bahan baku dan membuat konsep usaha yang kokoh.

4.Tidak bisa membangun Jaringan
 
  Seberapapun usaha yang anda punya penting sekali membangun jaringan dan terus menambah jaringan. Jaringan bisa berupa pelanggan, Teman, saudara , dan lain sebaginya, cara untuk membangun jaringan adalah perbanyak silaturahmi bisnis, sering mendatangi acara untuk menambah kenalan atau teman yang nanti bisa menambah jaringan baru dalam bisnis anda.
Banyak sekali pelaku bisnis yang mungkin malu , ragu atau malas untuk membuka jalur networking dengan alasan bisnis tersebut dapat berkembang tanpa itu hal tersebut tentu saja keliru , cepat atau lampat jika pemilik usaha malas membangun jaringan , usahanya pasti akan kalah besaing dengan usaha lain.

terimakasih..


Comments

RELATE POST

6 CIRI-CIRI SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKWALITAS

FIESTA POIN MANDIRI BEGINI CARA CEK DAN TUKARNYA

CARA MENGIRIM EMAIL

DASAR MANAJEMEN BISNIS

IHSG DIPREDIKSI PEKAN DEPAN AKAN MENGALAMI PENGUATAN

WISATA KENDAL BERKUDA DI SANTOSA STABLE

CARA INVESTASI REKSADANA